5 Cara Menggunakan Plagiarisme Checker X dengan Cepat

Mengecek kemiripan suatu tulisan hukumnya wajib agar tidak dianggap sebagai orang yang mencuri karya orang lain atau disebut dengan plagiat. Ada banyak sekali aplikasi atau platform yang dapat dipilih untuk dapat mengecek tingkat plagiarisme, salah satunya adalah Plagiarism Checker X. Berikut ini adalah cara menggunakan Plagiarism Checker X yang bisa dipelajari:

1. Menyediakan File yang Akan Dicek

Sebelum membuka platform plagiarism, maka akan lebih mudah jika file-nya disiapkan terlebih dahulu. File yang dapat dicek menggunakan platform ini adalah skripsi, makalah, jurnal, dan lain sebagainya. Gabungkanlah semua tulisan yang akan dicek menjadi 1 file saja. Bentuk file tersebut dapat berbentuk PDF maupun Word.

Sebelum melakukan cek, jangan lupa untuk memastikan bahwa file yang akan dicek tidak dikunci agar aplikasinya dapat membuka file tersebut. File yang dapat dibuka dengan mudah akan semakin mempercepat proses pengecekan sehingga tidak perlu menunggu lama.

2. Buka Aplikasi Plagiarism Checker X

Langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi Plagiarism Checker X yang telah diinstal sebelumnya. Pastikan sebelum membuka aplikasi ini, laptop pengguna sudah terhubung dengan internet. Ketika awal membuka aplikasi ini akan muncul pemberitahuan dan klik “Continue”.

Aplikasi ini juga akan meminta pengguna untuk mengisi alamat email yang masih aktif. Sebagai pengguna seharusnya juga sudah menyiapkan alamat email yang masih digunakan hingga saat ini agar aplikasi cek plagiat dapat digunakan sesegera mungkin.

3. Pilih Menu Online Plagiarism

Setelah semuanya sudah siap, cara menggunakan Plagiarism Checker X yang selanjutnya adalah dengan mengklik “Online Plagiarism“. Kemudian, pengguna akan diarahkan untuk mengupload dokumen dengan memilih “Load Document”. Pilihlah file yang sudah disiapkan untuk dicek dan tunggu sampai file masuk ke dalam aplikasi.

Jika file yang dipilih sudah masuk ke dalam aplikasi secara sempurna, pengguna hanya tinggal mengklik perintah “Analyze It”. Tunggu hingga beberapa menit agar aplikasi dapat bekerja dengan baik dan mampu menampilkan hasilnya. Kunci agar proses ini dapat berjalan cepat adalah dengan jaringan internet yang lancar. Jika perlu hentikan terlebih dahulu kegiatan browsing.

Baca Juga : 5 Aplikasi untuk Membuat Stiker Jualan yang Sangat Direkomendasikan

4. Hasil Cek Plagiat Akan Muncul

Setelah cukup lama menunggu, hasil cek plagiat pun akan muncul dalam bentuk grafik lingkaran sehingga terlihat dengan jelas presentasi plagiat dari file yang telah dicek. Selain itu, juga akan muncul kalimat mana saja yang termasuk plagiat beserta link yang tulisannya hampir mirip dengan pengguna.

Aplikasi ini cukup efektif untuk dapat mengecek plagiat secara gratis. Tidak hanya itu saja, hasil yang disajikan juga tergolong akurat dan mampu dipercaya. Bahkan, sudah banyak yang menggunakan aplikasi ini dan membuktikan sendiri hasilnya.

5. Simpan Hasil Cek Plagiat

Hasil cek plagiat yang ditampilan dapat disimpan di laptop pengguna baik dalam bentuk HTML, Word, XLS, PDF, Doc, dan lain sebagainya. Cara untuk menyimpannya pun sangat mudah yaitu dengan klik tombol simpan yang berada di sebelah kanan atas, kemudian pilih format file yang dikehendaki. 

Setelah melihat kalimat mana saja yang termasuk ke dalam plagiat, maka pengguna dapat mengganti kalimat tersebut dengan kalimat yang berbeda namun masih sama maknanya. Pengguna dituntut untuk kreatif agar kalimat yang dihasilkan tidak lagi dianggap plagiat oleh aplikasi cek plagiat ini. Demikian ulasan menarik mengenai cara menggunakan Plagiarism Checker X yang sangat mudah sekali untuk dipraktekan. Lima cara tersebut sangatlah sederhana dan siapapun yang membacanya pasti akan langsung paham. Demi menunjang tugas kuliah pengguna, maka mengoleksi aplikasi tersebut sangat dianjurkan.

Leave a Comment