Ikuti Cara Ini Untuk Transfer Data File Android ke PC Dengan Aman

Cara Transfer Data File Android ke PC — Seringkali kita ingin memindahkan file dari Android ke PC, atau sebaliknya. Cara yang paling mudah adalah menggunakan kabel usb.

Baca Juga : Cara Root Xiaomi Redmi 3 Dengan SuperSu Terbaru 2022

Melakukan transfer data android ke PC tidaklah sulit. Pada artikel kali ini, saya akan mebahas tutorial cara transfer data Android ke PC dengan mudah.

Cara Transfer Data Android ke PC

Ada banyak cara memindahkan data android ke PC. Mulai dari yang menggunakan internet, hingga tanpa kuota internet. Berikut adalah penjelasannya.

1. Transfer Data Android ke PC Menggunakan Kabel USB

Ini adalah cara termudah untuk transfer data Android ke PC. Caranya cukup sambungkan kabel data ke handphone dan PC.

Setelah itu, akan muncul sebuah pesan pop-up di perangkat Android-mu. Tekan tombol Transfer File. Jika tidak muncul, buka bilah notifikasi di bagian atas, biasanya opsi untuk melakukan transfer file ada di sana.

2. Transfer Data Android ke PC Menggunakan Bluetooth

Biasanya, fitur Bluetooth hanya tersedia di laptop. Namun, jika PC mu sudah dipasang fitur bluetooth, cara kedua ini bisa dilakukan.

Pada Windows, tekan “windows + i”untuk membuka Settings. Setelah itu, klik Devices > Bluetooth & other devices, dan aktifkan bluetooth menjadi On. Klik Bluetooth or other devices, pilih Bluetooth.

Selanjutnya, pergi ke Pengaturan > Bluetooth, dan hidupkan bluetooth. Pilih perangkat komputer atau laptop milikmu. Setelah terhubung, proses transfer file sudah bisa dilakukan.

3. Transfer Data Android ke PC Menggunakan Google Drive

Cara ini sangat cocok jika kamu sering memindahkan file-file berukuran kecil dari Android ke PC, dan sebaliknya. Melakukan transfer file antar perangkat akan berasa seperti memindahkan file biasa di Windows.

Caranya, install Google Drive versi desktop, lalu pilih akun yang ingin dihubungkan. Untuk memindahkan file dari Android ke PC, cukup upload file ke akun Google Drive yang sudah terhubung ke PC.

Sebaliknya, untuk memindahkan file dari PC ke Android, copy file di komputermu ke direktori This PC > Google Drive. Cara ini memerlukan koneksi internet.

4. Transfer Data Android ke PC Menggunakan AirDroid

AirDroid adalah sebuah aplikasi yang sangat berguna untuk memindahkan data Android ke PC. Jika tidak memiliki kuota internet, kamu masih bisa melakukan transfer file, selama kedua perangkat terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama (tethering wifi)

Pertama-tama, download AirDroid versi Android di Google Play Store. Buka aplikasi, lalu beri izin untuk mengelola file.

Selanjutnya, download AirDroid versi desktop dan install seperti biasa. Kamu mungkin akan diminta untuk sign in ke akun.

Terakhir, pilih nama PC di tab Transfer, lalu klik icon yang mirip klip kertas. Klik file yang ingin ditransfer, lalu klik Send. Pastikan komputer dan Android sudah terhubung ke jaringan yang sama.

5. Transfer Data Android ke PC Menggunakan WhatsApp

Apabila kamu dikirimi banyak file oleh seseorang di WhatsApp, dan ingin memindahkannya ke PC, tahan dulu. Daripada mendownloadnya di handphone, lebih baik langsung download melalui komputer.

Cukup buka WhatsApp Web di browser komputer, hubungkan dengan akun WhatsApp, lalu download file yang diinginkan.

Itulah pembahasan tentang cara transfer data file Android ke PC dengan mudah. Semoga artikel ini membantu dan selamat mencoba.

Leave a Comment